Aktivitas Merapi Meningkat, 3 Desa di Kecamatan Dukun Diminta Waspada

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Masyarakat diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaannya serta kesiapsiagaannya berkaitan dengan terjadinya peningkatan aktivitas Gunung Merapi akhir-akhir ini, khususnya bagi masyarakat di 3 desa di wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang yang beberapa waktu lalu memperoleh rekomendasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

“Manakala nantinya mendadak terjadi peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Merapi, masyarakat benar-benar siap dan mengetahui persis harus berbuat apa,” kata Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP kepada KRJogja.com di sela-sela pemantauan perkembangan aktivitas Gunung Merapi dari Pos Pengamatan Gunung Merapi di Babadan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Senin (4/1/2021) petang.

Dikatakan, BPBD Kabupaten Magelang, lanjutnya, sudah menyiapkan segala sesuatunya, baik berupa barak pengungsian maupun lainnya. “Dengan situasi ini, kita berharap masyarakat untuk selalu waspada dan siaga. Kita berdoa, semoga tidak terjadi apa-apa di Gunung Merapi,” katanya.

Secara terpisah Kepala Desa Krinjing Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Ismail kepada KRJogja.com mengatakan pihaknya sudah bersiap dan terus waspada manakala sewaktu-waktu terjadi peningkatan aktivitas di Gunung Merapi. Hingga Senin kemarin masyarakat kelompok rentan dari 3 dusun di Desa Krinjing masih berada di Tempat Evakuasi Akhir (TEA) Deyangan. Bahkan ada tambahan 2 orang dari Dusun Pugeran.

BERITA REKOMENDASI