Akui Pakai Tanah TNI, Pemkot Magelang Sediakan Tanah Pengganti

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Walikota Magelang, Sigit Widyonindito didampingi Wakil Walikota, Windarti Agustina dan Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono, membenarkan jika selama ini Pemkot Magelang memang menggunakan tanah milik Akademi TNI. Namun demikian, hal ini atas persetujuan pimpinan era sebelumnya, yaitu saat Walikota Magelang tahun 1985 lalu dijabat Bapak Bagus Panuntun, didasarkan ijin dari Menteri Pertahanan RI era itu, Susilo Sudarman dan Mendagri, Supardjo Rustam.

“Jadi kami memakai aset ini, hanya melanjutkan saja. Tidak mungkin kami (pemkot) meminjam pakai tanah orang atau apa pun dengan sembarangan tanpa dasar,” katanya, menanggapi pemasangan papan pemberitahuan oleh Akademi TNI, Jumat (3/7/2020).

Terkait masalah ini, diakui muncul saat awal pemerintahannya sekitar tahun 2013-2014. Namun setelah beberapa kali pertemuan, sebenarnya sudah ada titik temu. Salah satunya, pihaknya telah menyediakan tanah pengganti seluas 13 hektar dibelakang dan sebelah Pemkot Magelang.

“Kami sebenarnya sudah menyiapkan lahan penggantinya. Jadi nanti sama-sama saling menghibahkan. Bahkan bisa nyambung dengan Akmil. Namun kami kaget ada pemasangan papan itu tadi pagi. Terus terang kami menyayangkan. Sesama institusi pemerintah, harusnya bisa lebih rasional. Apalagi ini mendekati pilkada, semua harus bisa menjaga kondusifitas daerah,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI