Al Khadziq Minta Orang Pertama Divaksin di Temanggung

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Bupati Temanggung Al Khadziq mengajukan diri sebagai orang pertama di kabupaten tersebut untuk mendapat suntikan vaksinasi Covid-19. Guna meningkatkan kepercayaan dan membuktikan bahwa vaksin aman serta sangat dibutuhkan untuk penanggulangan pandemi Covid-19

“Saya siap jadi orang yang pertama melakukan vaksinasi Covid-19 di Temanggung,” kata Bupati Al Khadziq ditemui usai gelar pasukan untuk Operasi Lilin Candi 2020 di Mapolres Temanggung, Senin (21/12/2020).

Al Khadziq mengatakan pemkab masih menunggu kedatangan vaksin Covid-19, perintah dan petunjuk pelaksanaan (juklak) serta petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI.

Dia mengatakan pada juklak dan juknis akan terinci bagaimana pelaksanaan, apa, siapa saja, golongan umur, golongan profesi atau kelompok masyarakat yang dahulukan untuk divaksin. “Kami siap laksanakan vaksinasi pada masyarakat,” kata dia sembari mengatakan jika telah ada perintah dan petunjuk vaksinasi pihak terkait seperti Dinas Kesehatan, Puskesmas dan pihak-pihak terkait lainnya akan disegera dikumpulkan untuk membahas pelaksakaan.

Dia meminta masyarakat untuk siap menjalani vaksinasi, manakala vaksin Covid-19 sudah ada dan didistribusikan ke Temanggung. Vaksinasi diperlukan untuk mengendalikan Covid-19, meski begitu penerapan protokol kesehatan tetap diperlukan dan kehidupan pada kebiasaan baru. “Semua lapisan masyarakat harus siap untuk vaksinasi, dan semua warga turut sosialisasi pentingnya vaksinasi,” pintanya.

Dari infografis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, angka kasus Covid-19 total saat ini sebanyak 2.377 kasus, dengan jumlah 108 meninggal, konfirmasi positif 142 kasus, dirawat dirumah sakit sejumlah 50 orang dan menjalani isolasi mandiri 92 orang. (Osy)

BERITA REKOMENDASI