Alat Peraga Kampanye Disebar ke Paslon Bupati

PURWOREJO, KRJOGJA.com –Berbagai alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK) di bagikan kepada para pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Purworejo oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penyerahan APK dan BK dilakukan KPU melalui penghubung (LO).

APK yang diserahkan berupa baliho sejumlah 5 buah untuk setiap paslon, umbul-umbul 320 buah setiap paslon dan spanduk 494 buah setiap paslon. Selain itu juga ada selebaran, leaflet, pamflet dan poster sejumlah 81.600 setiap paslon. Penyerahan disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Purworejo. “Izin pemasangan APK yang difasilitasi sekaligus sudah diurus langsung oleh KPU,” kata Ketua KPU Purworejo Drs Dulrokhim, Senin (12/10).

Namun setelah serah terima maka pemasangan, perawatan dan pemeliharaan APK menjadi tanggungjawab paslon. “Paslon bisa mengganti APK yang rusak pada lokasi dan jenis APK yang sama dengan melaporkan bukti kerusakan yang terjadi kepada KPU, dan penggantian menjadi tanggungjawab paslon,” jelas Dulrokhim.

Selain APK dan BK yang difasilitasi KPU, setiap paslon juga dapat menambahkan sendiri APK dan BK. “Penambahan APK paling banyak 200 persen dari jumlah maksimal dalam ketentuan PKPU tentang kampanye pemilihan. Sedangkan untuk penambahan BK paling banyak sejumlah 100 persen dari jumlah kepala keluarga di Kabupaten Purworejo,” jelasnya.

Selain APK berupa baliho, spanduk dan umbul-umbul, paslon juga dapat menambahkan pemasangan billboard dengan ukuran paling besar 4 x 8 m, paling banyak 10 buah untuk setiap paslon. (Nar)

BERITA REKOMENDASI