Alat Peraga Kampanye Salahi Aturan ‘Menjamur’ di Temanggung

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Sejumlah alat peraga kampanye tidak resmi bergambar pasangan calon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung 2018 masih terpasang di sejumlah titik, kendati telah ada penertiban dari penyelenggara pemilu dibantu Satpol PP dan Polres Temanggung.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung Sujatmiko mengatakan prinsip telah ada penertiban APK tidak resmi. APK itu menyalahi aturan yakni administrasi berupa ukuran, desain dan tempat pemasangan yang tidak sesuai aturan. 

"Kami belum menerima lagi surat rekomendasi dari Panwas setempat untuk penertiban, memang APK itu menyalahi aturan," katanya, Rabu (28/3).

Disampaikan KPU dengan melibatkan tim pemenangan masing-masing paslon dibantu Satpol PP dan Polres Temanggung akan bergerak menertibkan jika sudah ada surat dari Panwas. 

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung dari Divisi Hukum dan Pengawasan, Yami Blumut, mengatakan ada sedikitnya 143 APK bergambar paslon yang ditertibkan dalam kurun waktu 19-23 Maret. Penertiban ditingkat kabupaten akan diteruskan penertiban oleh tim kecamatan. 

"Semua APK yang ditertibkan itu langsung dibawa oleh tim sukses masing-masing paslon. Selanjutnya APK tersebut bisa dipasang di sekretariat Parpol maupun rumah pribadi masing-masing paslon," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI