Alokasi Elpiji 3 Kg Ditambah

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO (KRjogja.com) – Pertamina menambah alokasi elpiji tabung 3 kg untuk Kabupaten Purworejo sebanyak sepuluh persen dari kuota normal. Tambahan alokasi itu akan diberikan selama dua hari, sebelum dan saat perayaan Idul Adha 2016.

Seluruh pangkalan dan agen juga tetap beroperasi saat libur nasional itu. "Meski jatahnya libur dua hari, namun kami tetap melayani konsumen. Untuk Idul Adha pangkalan buka setelah Salat Id," ungkap C Panji Pranowo, koordinator agen elpiji Kabupaten Purworejo, menjawab pertanyaan KRjogja.com, Kamis (08/09/2016).

Menurutnya, penambahan kuota tidak berarti terjadi kelangkaan gas elpiji bersubsidi di Purworejo. Langkah itu, katanya, merupakan bentuk antisipasi Pertamina karena konsumsi gas diperkirakan meningkat saat libur nasional itu.

Gas akan didistribusikan merata di seluruh pangkalan resmi, sesuai dengan serapannya. Pangkalan tetap diminta menjual gas Rp 15.500 pertabung sesuai ketetapan pemerintah kabupaten.

Kepala Dinas Koperasi Perdagangan Perindustrian dan Pariwisata (Dikoperindagpar) Purworejo Dra Suhartini MM mengemukakan, tata niaga elpiji di Purworejo selama beberapa minggu terakhir aman dari gejolak. "Tidak ada laporan kelangkaan gas," ucapnya.

Pertamina menjatah pasokan elpiji rata-rata 16 ribu – 17 ribu tabung perhari, atau setara 50 ton gas. Gas didistribusikan lima agen dan 679 pangkalan resmi di 16 kecamatan. (Jas)

BERITA REKOMENDASI