Amankan Natal, 30 Titik Dipasang CCTV

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 30 kamera CCTV dipasang di tempat-tempat stragetis dalam pengamanan perayaan Natal di Kabupaten Purworejo. Perangkat ini mampu memantau di seluruh wilayah Purworejo.

“Masih ada satu lagi kamera serupa dipasang di Alun-alun besar Purworejo, karena di tempat ini cukup padat arus manusia,” kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Purworejo Stefanus Aan, Rabu (25/12/2019).

Dijelaskan, perangkat ini juga bisa mengenali wajah. Kecanggihan kamera-kamera CCTV ini juga mampu mendeteksi dan melacak nomor polisi kendaraan yang melintas serta ke mana saja rute mereka. 

“CCTV milik Dinkominfo ini mampu merekam secara otomatis dengan resolusi tinggi selama 1,5 bulan. Jika resolusi diturunkan, lama rekamnya bisa mencapai tiga bulan,” tandasnya.

Ditambahkan, ada tiga tipe kamera yang digunakan, yaitu tipe kamera yang bisa memutar 360 derajat, kamera pengenal wajah (recognize face) dan kamera yang hanya dipergunakan untuk memantau situasi. “Semua terhubung dengan kamera milik Dinas Perhubungan,” jelasnya.

Sementara itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan Natal, Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM dan Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH bersama jajaran Forkopimda dan beberapa OPD mengunjungi beberapa pos pelayanan pengamanan di malam menjelang perayaan Natal.

Lokasi yang dikunjungi dimulai dari Stasiun Kereta Api (KA) Kutoarjo, Gereja Santo Yohanes Rasul Kutoarjo, Gereja Santa Perawan Maria Purworejo dan berakhir di Command Center Diskominfo Purworejo.

“Monitoring kita lakukan untuk memastikan kesiapan para personil keamanan dalam menghadapai Natal,” kata Agus Bastian. (Nar)

BERITA REKOMENDASI