Amankan Pilbup, KPU Gandeng Polres Purworejo

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Demi kelancaran pelaksanaan kegiatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo menjalin kesepakatan kerjasama dengan Kepolisian Resor (Polres) setempat.

”Kesepakatan itu sudah kita wujudkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama tentang pengamanan penyelenggaraan Pilbup,” kata Ketua KPU Purworejo Drs Dulrokhim, Jumat (14/8).

Perjanjian kerjasama ini menurut Dulrokhim, sebagai pedoman bagi para pihak dalam rangka pengamanan penyelenggaraan Pilbup. Kerjasama ini sekaligus untuk mewujudkan peningkatan sinergitas kerjasama yang terpadu dan berkesinambungan dalam rangka pengamanan Pilbup, agar dapat berlangsung tertib dan aman.

Sementara itu ruang lingkup dalam perjanjian kerja sama ini meliputi pertukaran informasi/data, yang berkenaan dengan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilbup untuk keperluan perencanaan dan pelaksanaan pengamanan penyelenggaraan Pilbup dan bantuan personel pengamanan Pilbup.

“Pengamanan ini meliputi tahapan pengamanan sortir dan pelipatan surat suara, pengamanan setting dan checking perlengkapan pemungutan suara hingga pengamanan penetapan hasil Pilbup,” jelasnya.

Kapolres Purworejo AKPB Rizal Marito SIK SH MSi mengaku bahwa Polres Purworejo sepakat untuk melaksanakan perjanjian kerjasama dalam rangka pengamanan Pilbup. “Kami sudah menyiapkan personel pengamanan dengan kekuatan yang terukur dan proporsional. Informasi, sarana dan prasarana dalam mendukung kelancaran tugas di lapangan sangat diperlukan kerjasamanya dari KPU,” jelasnya.(Nar)

BERITA REKOMENDASI