Anak Nakes Dapat Prioritas di PPDB SMA/SMK Jateng

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah memberi prioritas kepada calon peserta didik anak para tenaga kesehatan (nakes) yang mendapat tugas menangani Covid-19, untuk diterima masuk ke SMA dan SMK. Mereka masuk dalam jalur afirmasi PPDB online SMK/SMA Jateng 2020, dengan kuota paling banyak lima persen persen daya tampung sekolah.

Pemprov tetap membuka jalur afirmasi untuk anak dari keluarga tidak mampu dan anak yatim dari panti asuhan dengan kuota paling sedikit 15 persen. “Jalur afirmasi untuk anak yatim, anak tidak mampu dan tahun ini pemprov beri penghargaan untuk anak dari nakes yang berjuang melawan Covid-19,” ujar panitia PPDB SMA/SMK Dinas Pendidikan Wilayah 8 Provinsi Jawa Tengah, Titik Nuraeni saat dihubungi KRJOGJA.com, Jumat (19/6).

Dalam juknis tersebut disebutkan, nakes dan tenaga pendukungnya yang mendapat prioritas adalah mereka yang menangani langsung pasien Covid-19, melakukan pengamatan dan penelusuran kasus Covid-19, dengan kontak langsung pasien atau orang dengan kasus Covid-19 yang memiliki risiko tertular virus. Ketentuan itu berlaku untuk nakes yang menangani Korona di Jawa Tengah dan nakes warga Jawa Tengah yang bertugas di luar daerah.

Para casis anak nakes yang berjuang melawan Covid-19 di Jawa Tengah, harus bisa melampirkan surat keterangan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah. “Pengajuannya berjenjang mulai dari dinkes kabupaten, sedangkan nakes asal Jateng yang bertugas di luar provinsi, dilengkapi surat keterangan yang diterbitkan dinkes provinsi setempat, juga melampirkan Kartu Keluarga (KK),” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI