Andonowarih Sebar 450 Ribu Bibit Pohon Pala

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) Andonowarih yang berpusat di Kabupaten Purworejo, membagikan 450 ribu bibit pohon pala kepada perwakilan di seluruh Jawa Tengah. Bibit tanaman ini akan ditanam di daerah kritis, terutama pada dataran tinggi dan bantaran sungai.

“Kami pilih pohon pala karena selain untuk melestarikan dan menjaga lingkungan, juga bernilai ekonomis,” kata Ketua LSM Andonowarih Kabupaten Purworejo Budi Santoso, Jumat (4/11).

Bibit pohon pala yang diproduksi sendiri itu diberikan secara cuma-cuma. Pembagian bibit  secara simbolis dilakukan di Gedung Loka Adibina kompleks pendapa rumah dinas bupati Purworejo. Dihadiri para perwakilan SLM dan pemerintah kabupaten/kota se Jawa Tengah.

Dikatakan, pohon pala selain dapat mengatasi erosi, juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman produktif. Harga buah pala Rp 1.000 per kg, daun pala kering Rp 7.000 per kg, dan gelabat pala kering Rp 250 ribu per kg. “Minyak pala mencapai Rp 1 juta per liter.

Kepala Kantor Lingkungan hidup (LH) Purworejo Bambang Sugito SH menambahkan,  konsep pembangunan harus berkeseimbangan antara pembangunan ekonomi, sosial dan LH. “Ini harus terwujud,” tegasnya. (Nar)

 

 

BERITA REKOMENDASI