Anggota Polres dan Kodim Ikuti Pelatihan Perawatan Jenazah COVID-19

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Beberapa anggota Polres Magelang Kota dan Kodim 0705/Magelang mengikuti latihan perawatan jenasah yang diduga berkaitan dengan Virus Korona atau Covid-19, Kamis (16/4/2020). Pelatihan yang dilaksanakan di sekitar kamar mayat RSUD Tidar Magelang dan komplek makam Giri Darmo Loyo Magelang ini juga diikuti Kapolres Magelang Kota AKBP Nugroho Ari Setyawan, perwakilan dari Kodim 0705/Magelang. Tim dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, dipimpin Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang Otros Trianto dan Kepala Bidang Pengelolaan Penerangan Jalan Umum, Pertamanan dan Pemakaman Dinas Lingkungan Hidup Yetty Setyaningsih, juga ikut mendampingi saat pelatihan di komplek makam Darmo Giri Loyo Magelang.

Dipandu tim dari RSUD Tidar Magelang, pelatihan diawali dengan tata cara mengenakan Alat Pelindung Diri (APD). Perwakilan anggota Polres Magelang Kota dan anggota Kodim 0705/Magelang ikut mengenakan APD. Dengan mengenakan APD, rangkaian kegiatan perawatan jenasah dilakukan, baik saat penjemputan di ruang perawatan atau ruang emergensi untuk dibawa ke kamar jenasah, proses pemulasaraan hingga memasukkannya ke dalam peti dan membawanya ke kendaraan jenasah yang akan membawanya ke areal pemakaman maupun saat proses pemakaman. Pelatihan juga dilakukan untuk proses pelepasan APD.

Kapolres Magelang Kota kepada KRJogja.com diantaranya mengatakan dalam proses pemakaman juga diperlukan upaya untuk menjaga keselamatan anggota, khususnya pada saat tertentu dan mendadak. Karena itu anggota juga perlu memiliki kemampuan dalam penanganan proses pemakaman jenasah yang terduga berkaitan dengan Covid-19. Manakala nantinya benar-benar tidak ada yang mau melakukan proses pemakaman, anggota dapat membantu melakukan proses pemakaman dengan benar dan kesalamatan anggota terjaga.

BERITA REKOMENDASI