Angin Kencang Sapu Magelang, Puluhan Pohon Tumbang

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Puluhan pohon di wilayah Kota dan Kabupaten Magelang roboh akibat angin kencang disertai hujan deras yang terjadi Kamis (05/11/2020) sore. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun ada rumah warga yang terdampak dan mengalami kerusakan ringan.

Hingga Kamis malam pembenahan juga masih dilakukan di beberapa lokasi. Suasana hujan gerimis juga sempat mewarnai kegiatan pembenahan tersebut. Pohon tumbang di wilayah Kota Magelang diantaranya terjadi di wilayah Kecamatan Magelang Tengah dan Magelang Selatan.

“Sedang di wilayah Kecamatan Magelang utara tidak terjadi,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, Otros Trianto kepada KRJOGJA.com.

Dikatakan, pohon tumbang di wilayah Kota Magelang terjadi di 32 titik. Di komplek Taman Kyai Langgeng juga ada 6 pohon yang tumbang, demikian juga 2 pohon yang ada di komplek Kantor Walikota Magelang.

Ini seperti beberapa pohon yang ada di tepi Jalan Gatot Subroto Kota Magelang diantaranya yang ada di depan Akademi Militer (Akmil) Magelang. Bahkan ada sebuah pohon ukuran besar yang tumbang mengenai bangunan pagar dekat pintu utama depan Akmil.

Beberapa anggota Akmil bersama petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Magelang, Satpol PP Kota Magelang, DPUPR Kota Magelang, Dinas Perhubungan Kota Magelang maupun lainnya bergotong royong membenahi pohon yang roboh tersebut, termasuk mengangkat bagian akar pohon dan sebagian batang pohon dengan menggunakan peralatan khusus.

Pohon ukuran besar di dekat komplek makam Giri Dharmoloyo Kota Magelang juga roboh dan bagian akarnya juga terangkat ke permukaan. Bahkan ada pipa jaringan PDAM yang ikut terkena dampak. Hal ini dibenarkan Direktur Utama PDAM Kota Magelang Mochamad Haryo Nugroho SE MT.

Beberapa petugas PDAM Kota Magelang langsung ke lokasi untuk melakukan pembenahan agar pipa paralon ukuran 3 Inch dapat berfungsi kembali untuk aliran air bersih bagi pelanggan PDAM Kota Magelang di salah satu perumahan di wilayah Magelang Selatan. Anggota Sat Lantas Polres Magelang Kota juga berada di lokasi, diantaranya untuk mengatur arus lalu lintas.

Secara terpisah Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Magelang Drs Edy Susanto membenarkan angin kencang bercampur hujan deras juga terjadi di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Magelang. Tidak sedikit pohon yang tumbang dan menimpa rumah.

Angin kencang juga terjadi di wilayah Tampir Kulon Candimulyo, di wilayah Dawung Desa Banjarnegoro maupun di desa lain di wilayah Kecamatan Mertoyudan Magelang, di wilayah Kecamatan Ngablak, Kecamatan Tegalrejo maupun lainnya. Di beberapa lokasi, keberadaan angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang yang sempat menutupi akses jalan. (Tha)

BERITA REKOMENDASI