Angin Ribut Robohkan Baliho dan Rusak Rumah di Purworejo

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Hujan lebat disertai angin kencang melanda Purworejo, Sabtu (7/12) sore. Puluhan pohon peneduh jalan di wilayah Kecamatan Purworejo, Bener dan Purwodadi tumbang menutup jalan atau menimpa rumah. Sebuah baliho di perempatan jalan provinsi Kelurahan Cangkrep Lor Purworejo, juga roboh.

 

Bencana terjadi sekitar pukul 17.00. "Hujan disertai petir datang dulu, lalu diikuti angin kencang bertiup dari selatan, barat dan utara," kata warga Pangenrejo Joko, kepada KRJOGJA.com.

Angin bertiup sekitar lima belas menit. Saking kencangnya, sejumlah pohon di Jalan Brigjen Katamso Pangenrejo tumbang menutup jalan. Akibatnya lalu lintas sempat tersendat.

Baliho reklame di tepi jalan Kelurahan Cangkrep Lor juga roboh. Beruntung benda itu tidak mengenai pengguna jalan. "Ada beberapa titik bencana di wilayah Kecamatan Purworejo, paling banyak pohon tumbang, dan ada baliho roboh," ungkap Babinsa di Kecamatan Purworejo, Serka Arif Afandi.

Petugas keamanan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo dan Satpol PP dan Damkar, terjun memantau situasi serta melakukan penanganan darurat. Mereka membersihkan dahan pohon yang tumbang melintang jalan untuk melancarkan arus kendaraan.

Kepala Pelaksana BPBD Purworejo Sutrisno mengatakan, bencana dilaporkan terjadi di delapan belas lokasi. Pohon tumbang merusak sedikitnya tujuh rumah di Kelurahan Sindurjan, Pangenrejo, Cangkrep Lor di Kecamatan Purworejo, Sendangsari Bener dan Karangsari Purwodadi.

Penanganan darurat dilakukan untuk membuka akses jalan. "Penanganan segera dilakukan dan akses kembali normal pada malam hari. Kejadian di berbagai tempat itu juga tidak menimbulkan korban jiwa atau luka," ucapnya.

Sutrisno meminta masyarakat untuk mewaspadai cuaca buruk. Hujan lebat dan angin ribut bisa kembali terjadi melanda wilayah Purworejo. "Mohon waspada, misal di dekat rumah ada pohon yang dahannya membahayakan, sebaiknya dikurangi agar tidak begitu lebat," tandasnya.(Jas)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI