Angin Ribut Sapu Temanggung

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Temanggung mengakibatkan puluhan rumah dan mobil rusak akibat tertimpa pohon yang roboh, Senin (12/06/2017) sore. Data dari BPBD Temanggung, terdapat di 8 lokasi dengan puluhan rumah rusak.

Kepala pelaksana BPBD Temanggung Agus Sudaryono mengatakan Senin sore hujan deras dan angin kencang terjadi di kota Temanggung yang mengibatkan sejumpah pohon ayoman roboh dan batangnya patah.  Satu diantaranya pohon akasia setinggi 30 meter di halaman kantor Dinas Kominfo di jalan Jenderal A Yani Temanggung yang roboh menimpa sebuah colt zebra AA 1826 QY milik Tur Susanto warga Kampung Gendengan Kelurahan Temanggung I Rt 4 Rw 4 Temanggung yang di parkir di halaman kantor tersebut. “Sejauh ini tidak ada laporan adanya korban jiwa," katanya.

Disampaikan di lingkungan Tepungsari terdapat 3 rumah rusak, di kampung Legoksari Rt 06 dan 09 Rw 01 Kelurahan Temanggung 2 Kecamatan Temanggung terdapat 16 rusak, dua rumah rusak di Lingkungan Banyuurip Tengah Rt 07 Rw 02 Kelurahan Banyuurip Kecamatan Temanggung dan di rumah dinas Sekda Temanggung pohon tumbang merusak pagar keliling.

Dikemukakan atap kantor Dinas Sosial rusak tersapu angin, dan beberapa atap rumah rusak di Kelurahan Jurang Kecamatan Temanggung demikian halnya di perumahan Tlogomukti Kelurahan Jurang Kecamatan Temanggung. Dilaporkan pula satu rumah rusak di Dusun Pandean Rt 08 Rw 02 Kelurahan Temanggung 1 Kecamatan Temanggung.

Dikatakan yang terparah adalah di halaman kantor Dinas Kominfo yang menimpa sebuah kendaraan milik warga setempat. Sore itu relawan, tim SAR BPBD, TNI dari kodim 0706 dan Polres Temanggung serta masyarakat bahu membahu menyingkirkan pohon yang mengganggu arus lalu lintas. "Kami masih terus mendata dampak dari angin dan hujan deras tersebut," katanya.

Seorang saksi, Kokok Adhi Wiratmoko pegawai Dinas Kominfo mengatakan ketika hujan lebat dan angin kencang Senin sore, tiba-tiba ada suara pohon roboh menimpa sesuatu. Sewaktu ditengok di halaman kantor ternyata menimpa atap kantor dan mobil." Setelah reda lalu menghubungi pemilik dan BPBD untuk evakuasi," katanya.

Pemilik mobil, Tur Susanto pemilik mobil mengemukakan kesedihannya atas musibah yang menimpa. Mobil memang sering diparkir di halaman kantor itu, karena di rumah tidak ada tempat parkir. "Mobil rusak belum sempat di perbaiki, hingga kemudian tertimpa pohon,” kata pria yang sehari-hari berjualan buah di kawasan alon-alon Temanggung itu. (Osy)

BERITA REKOMENDASI