Angin Tumbangkan Pohon, Lima Rumah Rusak

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Purworejo menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan tanah longsor, Senin (27/1) sore. Lima rumah rusak tertimpa pohon dan satu lainnya nyaris terkena longsor.

"Hujan begitu lebat dan berlangsung cukup lama. Sebelum hujan turun, angin kencang berembus dari arah barat," ungkap Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, Iman Tjiptadi, mewakili Kepala Pelaksana BPBD Sutrisno, kepada KRJOGJA.com.
 

Lima pohon dilaporkan tumbang di Kampung Plaosan Kecamatan Purworejo, sekitar Gedung Wanita Purworejo, Desa Winong Kemiri, dan Desa Kalinongko Loano. Empat rumah yang rusak tertimpa pohon adalah milik Supri, Sumardi dan Sainudin di Plaosan, sedangkan dua rumah milik Pardiyo dan Sumeh di Dusun Sijengking Kalinongko juga rusak.

 Pohon tumbang melintang jalan di kompleks Gedung Wanita, sedangkan di Winong menimpa kabel PLN. Tebing di Desa Bleber Kecamatan Bener juga longsor dan nyaris menimpa rumah warga. "Petugas BPBD disebar ke seluruh lokasi bencana, dan petang sudah tertangani. Kecuali longsor di Bleber, warga akan kerja bakti dan kami bantu dengan logistik," tuturnya.

Iman menambahkan, BPBD mengaktifkan posko siaga 24 jam untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana. "Posko sudah aktif, kami memantau terus berbagai informasi. Warga juga harus waspada, mengingat hujan lebat masih berpotensi turun beberapa hari ke depan," tandasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI