Angkutan Umum ke Candi Borobudur Bakal Disiapkan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung kemudahan aksesibilitas menuju tempat wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, untuk dapat menarik turis asing sejalan dengan program satu wisatawan mancanegara (wisman).

Sebagai tindakan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kemenhub menyiapkan peningkatan konektivitas dengan angkutan umum pada jalur jalan Bedah Manoreh yang bisa menjadi penghubung ke Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

"Pembukaan Aksesibilitas dari Bandara YIA menuju Kawasan Candi Borobudur via Bedah Menoreh secara umum sudah bisa dilayani angkutan massal, walau masih ada beberapa titik yang memerlukan perbaikan ataupun peningkatan," ungkap Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Ahmad Yani dalam sebuah pernyataan tertulis, Minggu (22/9/2019).

Yani menyampaikan, dalam waktu dekat ini direncakan akan dibuka rute pelayanan angkutan umum oleh Ditjen Hubdat dari YIA menuju kawasan Candi Borobudur via rute Bedah Menoreh, serta angkutan feeder dari Kota Yogyakarta menuju kawasan Wisata Jalur Bedah Menoreh dan Borobudur.

Dia menambahkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan melakukan perbaikan dan pelebaran jalan pada jalur Bandara YIA menuju Bedah Menoreh. Sedangkan Dinas Pariwisata setempat bakal melakukan inventarisasi lokasi simpul transportasi untuk angkutan umum.

"Setelah ini, masing-masing instansi akan segera menindaklanjuti hasil pembahasan kegiatan dalam mendukung program dukungan peningkatan jumlah wisman," tutur Yani.

"Pembagian tugas dan rencana aksi ini diharapkan dapat terealisasi dengan mudah, cepat, dan lancar melalui sinergi yang baik," tandasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI