Anom Dwijo Seno Dalang Cilik Wakil Eks Karesidenan Kedu

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Darah seni yang mengalir dari sang ayah, telah membuat Anom Dwijo Seno (13) tumbuh menjadi calon seniman berbakat. Terutama di jagad pedalangan yang telah ditekuninya sejak kecil.

“Seno senang memainkan wayang. Bahkan saat duduk di kelas tiga SD sudah berani pentas untuk yang pertama,” kata Ki Sunarpo Guno Prayitno, Rabu (28/10/2020) usai menghantar anaknya itu menghadap Pjs Bupati Purworejo Ir Yuni Astuti MA di Ruang Kerja Bupati.

Anom Dwijo Seno besama kembarannya Anom Dwijo Kangko (13) menghadap Pjs Bupati dalam rangka meminta restu karena akan mewakili eks Karesidenan Kedu maju dalam festival dalang tingkat Provinsi Jawa Tengah di Semarang.

Sebelumnya Anom Dwijo Seno berhasil meraih juara pertama festival dalang tingkat Kabupaten Purworejo, dan juara pertama tingkat eks Karesidenan Kedu yang digelar di Kebumen.

Bersama saudara kembarnya Anom Dwijo Kangko (13), yang lebih mahir bermain kendang ini, menghadapi Pjs bupati didampingi orang tuanya, dan dihantar Camat Grabag Akhmad Jaenudin SIP dan Kadinparbud Agung Wibowo AP.

“Mereka akan berbersama-sama berjuang meraih prestasi terbaik di tingkat Jawa Tengah,” tandas Ki Sunarpo Guno Prayitno yang juga seorang dalang ini.

Kedua pelajar kelas 7 SMP Negeri 34 Purworejo ini akan maju dalam festifal dalang tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Anom Dwijo Seno akan tampil dengan membawakan lakon Sang Gondomono. Cerita kepahlawanan tentang seorang tokoh berjiwa ksatria yang dikhianati teman sendiri, yang berjiwa besar melepaskan kedudukan sebagai maha patih karena provokasi.

“Seiring majunya peradaban, saya berharap dengan anak saya tetap melestarikan budaya Jawa. Karena didalam seni budaya Jawa itu ada pitutur yang luar biasa dan luhur,” imbuh Ki Sunarpo Guno Prayitno.

Pjs Bupati Yuni pada kesempatan itu memberikan semangat kepada Seno dan Kangko untuk berjuang dan memberikan kemampuan terbaik dalam mengikuti lomba dalang tingkat Provinsi Jawa tengah. (Nar)

BERITA REKOMENDASI