Antisipasi Abu Merapi, BPBD Purworejo Bagikan Masker

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRjogja.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo membagikan ribuan masker untuk masyarakat terdampak abu vulkanik Gunung Merapi, Kamis (24/5). Abu mengguyur sedikitnya 50 desa di Kecamatan Bener, Gebang, Kemiri dan Bruno.

Berdasar pantauan BPPTKG Yogyakarta, arah angin saat letusan freatik ke arah barat, dengan tinggi kolom letusan 6.000, abu sampai ke Purworejo. “Teksturnya lebih pekat dari letusan sehari sebelumnya,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Purworejo Herry Susanto, kepada KRJOGJA.com.

Abu mengguyur wilayah Purworejo sekitar pukul 05.00 dan berhenti sekitar pukul 07.00. Namun abu tetap mengganggu aktivitas masyarakat dan kesehatan anak di sekolah. Apalagi, turunnya abu bersamaan dengan anak berangkat sekolah.

BPBD berinisiatif membagikan sedikitnya seribu masker untuk masyarakat. “Enam tim disebar, petugas kami membagikan masker ke sekolah, kantor desa dan PAUD atau TK. Harapan kami masker disimpan dan dipakai saat keluar rumah,”ucapnya.

Menurutnya, abu hanya turun di wilayah utara Kabupaten Purworejo. Sementara kondisi wilayah kota bersih dari material vulkanik itu. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI