Antisipasi Abu Merapi, Stupa Candi Borobudur Ditutup Terpal

Editor: KRjogja/Gus

Hingga Rabu kemarin sudah dicicil ditutupi atau dipasangi 32 stupa yang ada di teras 8, dan tidak menutup kemungkinan seluruhnya juga akan ditutupi atau dipasangi manakala terjadi erupsi Gunung Merapi untuk meminimalisir masuknya abu vulkanik dari Gunung Merapi ke nat-nat atau bebatuan candi. Untuk sementara ini belum semua stupa ditutupi. Untuk stupa induk yang ada di bagian atas bangunan Candi Borobudur merupakan yang terakhir yang akan ditutup atau dipasangi lembaran terpaulin.

Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Pemeliharaan Kawasan Cagar Budaya (KCB) BKB Bramantara secara terpisah mengatakan dalam pengelolaan sebuah warisan budaya dunia banyak sistem yang namanya Disaster Risk Management atau Manajemen Pengelolaan Bencana.

“Lha ini sebagai salah satu wujud tanggap terhadap bencana, walaupun kita berdoa bersama bahwa ini tidak terjadi. Manakala terjadi, dengan skala yang kecil dibandingkan dengan erupsi Gunung Merapi tahun 2010 lalu,” katanya. Saat ini sudah dilakukan pemantauan perkembangan aktivitas Gunung Merapi lewat beberapa situs. “Makanya kita nyicil untuk melakukan tanggap bencana ini dengan melaksanakan pemasangan cover untuk perlindungan batu Candi Borobudur dari abu vulkanik Gunung Merapi,” kata Bramantara. (Tha)

BERITA REKOMENDASI