Antisipasi Banjir, BBWS-SO Sosialisasi Direhabilitasi Sungai

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Musim penghujan yang berkepanjangan, mengakibatkan kondisi sungai semakin mengkawatirkan. Tanggul sungai kritis dan sedimentasi semakin tinggi. Akibatkan aliran sungai mudah meluap dan mengakibatkan banjir.

Di Kabupaten Purworejo kondisi ini terjadi pada sungai-sungai besar, terutama Daerah Aliran Sungai (DAS) Wawar, Cokroyasan, dan Bogowonto. “Kondisi itu juga terajadi pada anakan sungai-sungai itu,” kata Kepala Satker Pelaksana Jaringan Sumber Air Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS-SO) Dwi Cahyo Handono, Senin (14/11).

Diharapkan, masyarakat yang bermukim di wilayah DAS sungai ini bisa memahami dan menerima akan adanya proyek besar rehabilitasi sungai yang dimungkinkan akan mengganggu aktifitas. Termasuk untuk tempat pemimbunan hasil sedimentasi sungai. ”Rehabilitasi untuk pengurangan resiko bencana banjir,” jelasnya.

Dalam sosialisasi rehabilitasi prasarana pengendalian banjir ketiga sungai itu di ruang Arahiwang Setda Purworejo, Camat Butuh Agus Ari Setiyadi SSos meyakinkan bahwa masyarakat di wilayahnya akan mendukung. Termasuk menyediakan lahan untuk menempatkan tanah sedimentasi. “Ada lahan sekitar 1,4 hektar untuk menampung tanah,” jelasnya. (Nar)

 

 

BERITA REKOMENDASI