Antisipasi Banjir Memburuk, Lima Perahu Disiagakan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo, TNI, Polri dan unsur relawan masih bersiaga di lokasi banjir Dusun Gebangrejo Desa Wironatan Kecamatan Butuh, Minggu (13/12) siang. Mereka mewaspadai kemungkinan genangan akan bertambah apabila hujan lebat kembali mengguyur wilayah Kabupaten Purworejo dan kawasan hulu sungai Gebang.

Kasi Kedaruratan BPBD Purworejo Iman Tjiptadi mewakili Kepala BPBD Sutrisno mengatakan, perahu yang disiapkan antara lain milik BPBD, Polres Purworejo, Brimob, dan relawan. “Sudah ada kurang lebih lima perahu yang disiapkan, jika sewaktu-waktu butuh evakuasi. Petugas dan relawan juga siaga di lokasi,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com.

Tidak ada pengungsian bersifat masif akibat banjir itu. Sejumlah warga yang rumahnya terendam, hanya dievakuasi ke rumah tetangganya yang lebih tinggi. Kondisi itu berbeda dengan peristiwa beberapa tahun lalu yang mengakibatkan pengungsian massal dan dapur umum massal. “Untuk dapur umum, pemerintah desa berniat membuat sendiri. Namun logistik kami dukung penuh,” ucapnya.

Bantuan logistik bersumber dari BPBD Purworejo, PMI, dan Dinas Sosial. “Sementara obat-obatan sudah disuplai Puskesmas Butuh,” tandasnya.(Jas)

BERITA REKOMENDASI