Antisipasi Kesalahan Data, 150 Perdes Bimtek SIMD

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Sebanyak 150 perangkat desa (Perdes) dari lima wilayah kecamatan di Kabupaten Purworejo mendapat bimbingn teknis (Bintek) Operasional Sistem Informasi Manajemen Desa  (SIMD). Menyusul sering terjadinya kesalahan dalam pendataan penduduk, yang berimplikasi menimbulkan masalah krusial.

 

“Pendataan  terkait  penetapan warga yang berhak menerima bantuan atau subsidi dari pemerintah juga sering keliru, ini berpotensi menimbulkan gejolak di masyarakat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dinhubkominfo) Purworejo Drs Agus Budi Supriyanto MSi, Rabu (28/9).

Bintek ini dilakukan untuk meningkatkan tertib adminstrasi kependudukan dan mendukung pembentukan database kependudukan kabupaten yang cepat dan akurat. Sedang 150 Perdes itu berasal dari lima wilayah kecamatan masing-masing Kecamatan Kaligesing, Purwodadi, Bener, Loano dan Kemiri.

Pemerintah desa dan kelurahan lanjut Agus Budi Supriyanto, mendapat tugas dari pemerintah kabupaten untuk menyelenggarakan sebagian urusan administrasi kependudukan berdasarkan asas tugas pembantuan. “Desa atau kelurahan merupakan komponen terpenting dari sistem pemerintahan yang dapat menunjang tersedianya kelengkapan, akurasi data dan semua hal yang berhubungan dengan seluruh sistem fundamental data kependudukan,” tandasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI