Apel Ketahui Potensi Satpam di Lingkungan

MAGELANG, KRJogja.com – Apel Satpam Kota Magelang dilaksanakan di Polres Magelang Kota, Rabu (14/10/2020) sore, dipimpin Kasat Binmas Polres Magelang Kota AKP Dra Ni Komang Yanti. Kepada KRJogja.com, Kamis (15/10/2020), Kasat Binmas Polres Magelang Kota diantaranya mengatakan dalam kegiatan ini juga memperhatikan protokol kesehatan.

Diantara mereka juga ada yang melakukan beberapa latihan di halaman tengah Polres Magelang Kota maupun di halaman Apartemen Musvia Polres Magelang Kota.

Kasat Binmas Polres Magelang Kota mengatakan apel Satuan Pengamanan ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengetahui potensi Satuan Pengamanan Swakarsa di lingkungan kerjanya masing-masing dimana Satpam sebagai mitra keseharian Polri dapat mengemban fungsi kepolisian terbatas di lapangan.

Hal ini merupakan wujud nyata dari apa yang menjadi dasar hukum Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pasal 3 ayat 1, bahwa pengemban fungsi kepolisian adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia yang dibantu oleh kepolisian khusus penyidik pegawai negeri sipil dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa

Anggota Satuan Pengamanan memiliki posisi strategis sebagai yang terdepan dalam rangka upaya menciptakan jaminan perlindungan terhadap dunia usaha di negara ini. Oleh karenanya penyiapan kemampuan profesional anggota Satuan Pengamanan perlu mendapatkan hati dan prioritas dengan membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas. (Tha)

BERITA REKOMENDASI