Api Membakar Gunung Condong, Pertanda Musim Hujan Segera Tiba

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Hutan rakyat di Gunung Condong, Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, terbakar, Senin (30/09/2019). Warga menilai kebakaran itu sebagai pertanda akan datangnya musim hujan.

Kebakaran itu menjadi tontonan sejumlah warga di Kaligono. "Api membakar sejak dua hari lalu, asalnya dari wilayah Hulosobo Kaligesing, sekarang sudah sampai Jeketro," ujar warga Sumbersari Kaligono, Triyono, kepada KRJOGJA.com.

Baca juga :

Kebakaran Lahan di Kaligesing Potensial Kembali Terjadi
Meski Medan Sulit, Pemadaman Kebakaran Sumbing Dilanjutkan

Namun posisi api diperkirakan masih jauh dari permukiman. Selain itu, Triyono memperkirakan api tidak akan sampai permukiman karena ada saluran yang memisahkan bukit dengan kampung.

Kebakaran, lanjutnya, adalah fenomena biasa di Gunung Condong. Api biasa membakar pada akhir musim kemarau. "Ada semacam titen, kalau gunung sudah terbakar, pertanda musim hujan segera tiba," katanya.

Api biasanya akan padam dengan sendirinya. "Jadi biasanya memang padam sendiri, jadi yang sudah-sudah apinya tidak dipadamkan. Belum tahu kalau ini, apa akan ada kerja bakti memadamkan api atau tidak," ucapnya.

Kebakaran, lanjutnya, berdampak pada tanaman yang masih muda. Sementara pohon berumur tahunan dan berukuran besar, tetap selamat dari jilatan api. (Jas)

BERITA REKOMENDASI