APTI Harus Cari Terobosan Penjualan Tembakau

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo meminta pada Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) setempat untuk bersama melakukan berbagai terobosan guna meningkatkan kualitas tembakau dan memasarkannya dengan harga tinggi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

” APTI bukan untuk kepentingan pengurus, tetapi peningkatan kesejahteraan petani tembakau. Jadi APTI berjuang untuk petani yakni bagaimana meningkatkan kesejahteraan,” kata Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo, pada Sarasehan APTI Temanggung bertajuk Menyemai Harapan di Musim Peralihan, Selasa (30/3).

Pembicara pada sarasehan itu, Kepala Pusat Studi Pedesaan dan Kawasan UGM Dr Bambang Hudayana, Pengamat Ekonomi Pertanian IPB Prima Gandhi MSi, Prakirawan Analis Iklim Stasiun Klimatologi Semarang, Zuayi Nana Rusnana.

Heri Ibnu Wibowo mengatakan berbagai langkah tersebut diantaranya menanam varietas tembakau sesuai permintaan pabrik rokok, menjual tembakau pada pabrik rokok kecil, dan mengolah tembakau menjadi nikotin cair.

Dia mengatan petani harus bersatu dan kompak untuk bersama meningkatkan kesejahteraan petani tembakau. Pemkab sendiri selalu lakukan pendampingan mulai dari awal yakni pengolahan tanah penyediaan bibit dan komunikasi dengan pabrikan agar membeli tembakau rakyat.

BERITA REKOMENDASI