APTI Temanggung Perkuat Kelembagaan Petani

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Assosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Temanggung terus perkuat kelembagaan petani, sebagai langkah awal peningkatan kesejahteraan.

“Kelembagaan petani sangat penting, petani harus bergerak bersama, kompak memperjuangkan hak dan impian untuk peningkatan kesejahteraan,” kata Ketua DPC APTI Temanggung, Siyamin, Jumat (30/04/2021).

Dia mengatakan penguatan kelembagaan diantaranya dengan digelar sarasehan, Kamis (29/04/2021) di balai desa Campursari Kecamatan Bulu. Hadir di acara yang diberlakukan protokol kesehatan secara ketat itu pengurus dan calon pengurus APTI di tingkat kecamatan.

Ada 14 kecamatan penghasil tembakau, kata dia, semuanya sudah ada pengurus atau calon pengurus APTI tingkat kecamatan. Mereka hari itu mengikuti sarasehan penguatan kelembagaan.

Dia mengatakan menjadi pengurus APTI harus mengutamakan kesejahteraan bersama terutama petani anggota, bukan peningkatan kesejahteraan pengurus bahkan ketua. “Kami sangat meminta komitmen pengurus di tingkat kecamatan. Pengurus sudah menyanggupi,” kata dia.

Diterangkan komunikasi dengan BMKG, Dinas Pertanian, dan pabrik rokok diusahakan terus berlangsung. Harapan hasil tembakau optimal, pabrik rokok membeli dengan harga menguntungkan.

Dia mengatakan pada petani untuk dapat mematuhi pemerintah dalam bertanam tembakau. Yakni menggunakan varietas kemploko yang sangat cocok dan hasilnya dapat mencapai tembakau srinti. (Osy)

BERITA REKOMENDASI