Arca Dicat, Rumitkan Proses Perawatan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sembilan koleksi arca batu kuno di Museum Tosan Aji Purworejo harus mendapat perlakuan khusus dari petugas perawat cagar budaya. Benda tersebut diserahkan penemunya kepada museum dalam kondisi dilapisi cat.

Pembersihan cagar budaya bersejarah koleksi itu memerlukan proses yang rumit. “Prosesnya panjang, untuk sebuah arca pembersihannya bisa membutuhkan waktu hingga satu bulan,” kata Kepala UPT Alun-alun Purworejo dan Museum Tosan Aji, Agus Prediat, kepada KRJOGJA.com, Jumat (18/9/2020).

Upaya pembersihan harus dilakukan untuk mengembalikan bentuk arca seperti sediakala. Selain mengungkap keakomendasliannya, pembersihan juga untuk menjaga agar arca bisa lebih awet.

Pembersihan dilakukan menggunakan berbagai zat yang direkomendasikan untuk membersihkan arca batu. Arca disikat dengan perlahan hingga cat yang menempel hilang. Air bersih yang mengalir juga menjadi sarana membersihkannya. Usaha itu dilakukan berulang kali hingga cat benar-benar mengelupas.

Menurutnya, petugas Museum Tosan Aji belajar cara membersihkan benda arca ke Museum Kaliasa Kabupaten Wonosobo. “Kami belajar sampai ke Wonosobo, bagaimana cara mereka membersihkan arca batu dari cat. Museum di Wonosobo itu termasuk menyimpan banyak koleksi arca batu,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI