Area CFD Kebumen Diperluas

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN KRJOGJA.com – Area CFD (car free day) Kebumen yang selama ini meliputi ruas-ruas jalan di sekeliling Alun Alun Kebumen akhirnya mulai diperluas secara bertahap. Perluasan area CFD tersebut direncanakan akan tercapai sepenuhnya pada hari Minggu, 8 September 2019 mendatang.

"Area tambahannya meliputi 6 ruas jalan di sekitar Alun Alun Kebumen, masing-masing Jalan Veteran, Jalan Pahlawan barat daya Alun Alun, Jalan Piere Tendean, Jalan Ronggowarsito, Jalan Pahlawan tenggara Alun Alun dan Jalan Sutoyo Kebumen," ujar Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkimlh) Kebumen, Alfia Diananita Zulfa MT, di ruang kerjanya, Jum'at (09/08/2019).

Tahap pertama perluasan sudah dimulai sejak hari Minggu, 14 Juli 2019 lalu. Tahap-tahap berikutnya terus dilakukan setiap minggunya , hingga mencapai luas area yang ditargetkan pada 8 September 2019 mendatang.

"Perluasan CFD tersebut juga akan disertai dengan penataan PKL (pedagang kaki lima) yang selama ini memadati area trotoar sekeliling Alun Alun. Para PKL yang terdiri dari pedagang makanan, pakaian, tanaman hias, kerajinan tangan, permainan anak dan lainnya akan dipindahkan ke area perluasan di 6 ruas jalan tadi. Sedangkan area Alun Alun beserta trotoarnya akan difokuskan untuk aktifitas pengunjung CFD," beber Alfia.

Penataan PKL di area perluasan tersebut nantinya akan disesuaikan dengan jenis dagangannya, sehingga tertib. Menurut Alfia, diperlukannya perluasan area CFD Kebumen tersebut memang demi memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Sebab, CFD yang digelar pada hari Minggu pagi pukul 06.00 sampai 09.00 selalu didatangi ribuan pengunjung. Tapi di sisi lain, jumlah PKL yang semakin banyak kerap menyulitkan pengunjung yang ingin beraktifitas di area Alun Alun. (Dwi)

 

BERITA REKOMENDASI