Arif – Rista Raih 640.284 suara Suara Pilkada Kebumen

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – KPU Kebumen berhasil merampungkan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati (Pilbup) Kebumen, Selasa (15/12/2020) sore, dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Dan Penetapan Perolehan Suara Pilbup Kebumen Tahun 2020.

Dalam rapat dipimpin Ketua KPU Kebumen, Yulianto Mkom, di Sekretariat KPU Kebumen, pasangan calon H Arif Sugiyanto SH – Hj Ristawati Purwaningsih MM (Arif – Rista) meraup 389.463 suara atau 60,8 % dari jumlah suara sah yang berjumlah 640.284 suara.

Dengan perolehan itu Arif – Rista unggul atas kolom kosong yang mendapatkan 250.821 suara atau 39,2 % dari suara sah. Arif – Rista menang di 24 kecamatan, sedangkan kolom kosong unggul di 2 kecamatan yaitu Sempor dan Gombong.

Kemenangan dengan selisih suara cukup signifikan diraih Arif – Rista di Kecamatan Karangsambung, Padureso, Sadang, Karanggayam, Rowokele, Kuwarasan dan Adimulyo. Sedangkan di Kecamatan Sruweng, Karanganyar dan Pejagoan, Arif – Rista menang dengan selisih suara tipis atas kolom kosong.

Berdasarkan pemaparan 26 PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) terhimpun data jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya, yaitu 664.202 orang. Suara sah 640.284 suara dan suara tidak sah 23.918 suara. Adapun Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah 1.037.802 orang.

Terkait rekapitulasi suara Pilbup Kebumen 2020 di tingkat kabupaten menurut Yulianto MKom berhasil berlangsung lancar, kendati ada beberapa revisi angka perolehan suara. Di akhir rapat Yulianto menyatakan bahwa KPU kebumen memberikan waktu 3 x 24 jam kepada pihak yang keberatan hasil rekapitulasi untuk menggugatnya ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Nantinya, 5 hari pasca gugatan, MK akan menerbitkan buku register terkait gugatan tersebut. Namun bila tak ada gugatan, KPU Kebumen akan menetapkan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih.

Sedangkan salah satu anggota Tim Kampanye Arif- Rista, yang juga salah satu saksi dalam Rapat Pleno Terbuka tersebut, Wahid Mulyadi, menyatakan bisa menerima hasil rekapitulasi dan akan menunggu tahapan selanjutnya yang akan dilakukan KPU Kebumen. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI