Arkeolog BPCB Teliti Artefak Kuno Kebonsari

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Tengah meneliti artefak kuno di Dusun Krajan Desa Kebonsari Kecamatan Purwodadi Purworejo, Jumat (16/06/2017). 

Ahli mengumpulkan data situs dan mencoba menyingkap lapisan tanah yang menutup permukaan batu bersusun mirip candi itu. Penelitian tersebut merupakan tahap awal setelah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Purworejo melaporkan temuan kepada BPCB Jateng. 

"Saya diperintah untuk mengecek, mengumpulkan data awal, namun belum penelitian mendalam," ujar Winda Artista Harimurti, arkeolog BPCB Jateng, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Penelitian tahap awal belum bisa menyimpulkan sisi sejarah situs itu. Namun Winda memastikan bahwa batu bersusun itu merupakan artefak peninggalan kebudayaan masyarakat tempo dulu. Batu merupakan bagian dari konstruksi bangunan masa lalu.
 
Batuan bukan sekedar batu alam, namun telah melewati proses intervensi berupa pemahatan. Namun Winda tidak bisa memastikan apakah bangunan tersebut merupakan candi. Adapun soal periode pembuatan, diduga bangunan tersebut didirikan pada masa peradaban Hindu atau Budha.  "Ada banyak temuan di sekitar Sungai Bogowonto hilir, semua adalah peninggalan Hindu dan Budha, ada kemungkinan situs di Kebonsari juga terkait kebudayaan masa itu," tuturnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI