Arus Mudik, Purworejo Siapkan Jalur Alternatif

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Berbagai persiapan untuk menyambut arus mudik Lebaran tahun 2018, telah dilakukan dinas dan instansi terkait di Kabupaten Purworejo. Bahkan Dinas Perhubungan telah menyiapkan jalur alternatif untuk mengurai kepadatan kendaraan dalam kota.

Disamping itu berbagai peralatan, termasuk rambu-rambu lalu lintas, dan lampu penerang jalan terus dilakukan pemeliharaan secara rutin. “Kami tidak ingin ada gangguan lalu lintas di Purworejo, sepanjang pengguna jalan juga tertib dalam berlalu lintas,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo Drs Agus Budi SP MSi, Selasa (5/6).

Pada puncak arus mudik menurut Agus Budi SP, tidak menutup kemungkinan terjadi kemacetan di dalam kota Purworejo yang merupakan persimpangan dari arah barat menuju Magelang, dan Yogya.

Guna mengantisipasi kemacetan itu, dua jalur alternatif telah disiapkan, yakni jalur utara yang dapat ditempuh sejak masuk dari Kebumen, ambil simpang kiri menuju Kecamatan Pituruh.

Jalur ini juga dapat ditempuh melalui jalur pesimpangan Prembun-Wadaslintang menuju Pituruh. Dari tempat ini jalur utara dapat ditempuh melalui Kecamatan Kemiri-Gebang dan masuk Jalur lingkar utara Purworejo. 

"Terutama mereka yang ingin ke Magelang, bisa menempuh jalur ini. Kondisi jalan cukup baik, namun kurang laik untuk kendaraan besar terutama bus,” kata Agus Budi SP.

Jalur alternatif  lain yang disiapkan, yakni jalur selatan-selatan atau Jalan Daendels. “Untuk pengguna jalur ini kami akan koordinasi dengan Kebumen, jika terjadi kemacetan maka dari Kebumen langsung diarahkan ke Jalan Daendels,” tandas Agus Budi SP. (Nar)

BERITA REKOMENDASI