ASN Temanggung Harus Jalani Swab Tes

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan guru di Pemerintah Kabupaten Temanggung harus menjalani swab tes untuk memastikan kesehatan dan pengendalian penularan Covid-19 di daerah tersebut. Mereka yang terpapar harus menjalani perawatan di RS atau menjalani isolasi mandiri.

Sekretaris Daerah Kabupaten Temanggung Agung Prabowo mengatakan penularan Covid-19 di Kabupaten Temanggung telah menyebar di semua kalangan termasuk pada ASN dan guru. Sehingga diperlukan langkah-langkah pengendalian yang diantaranya tes usap atau swab tes.

” Perlu langkah cepat, agar kasus Covid-19 pada ASN dan guru tidak semakin menyebar. Mereka yang terkonvirmasi isolasi mandiri dan bekerja dari rumah. Setelah sembuh baru kembali ke kantor,” kata Agung, Kamis (10/12).

Sekretaris I Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung itu mengatakan swab tes rencana mulai Minggu depan di semua instansi dan sekolah secara bertahap.

Ia menjelaskan, tes usap pertama kali akan dilakukan dilingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Temanggung, kemudian akan berlanjut ke kantor-kantor pemerintah dan kantor Dinas di Pemerintahan kabupaten Temanggung. “ Kurang lebih ada 9000 ASN, mereka wajib mengukuti tes swab tanpa terkecuali,” tegas Agung.

Dikemukakan kepada guru dan ASN yang sebelumnya sudah terkonfirmasi positif covid-19, pihaknya sudah melakukan tracing. Dari hasil tracing ini kemudian dilakukan tes swab kepada kontak erat. ” Jika sudah dilaksanakan tes swab secara masal untuk ASN dan para guru, nantinya bisa dilakukan pemetakan,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI