Asosiasi Koi Magelang, Gelar Latber

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Asosiasi Koi Magelang bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang menggelar kegiatan Latihan bersama (Latber) Koi dan Keeping Contest 2022, Minggu (15/05/2022) kemarin. Latber Koi digelar di ruang Aquatic Studio Dispeterikan atau biasa dikenal dengan sebutan Taman Ikan Bojong. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Dinas Ir. Fahrul Authon.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kepada Asosiasi Koi Magelang atas semangat dan kerjasamanya dalam menggelar event tersebut. Semoga melalui event ini, akan meningkatkan peminat dan pembudidaya ikan koi, termasuk harga jualnya,” kata Fahrul.

Ketua Panitia, Alvin menyampaikan tujuan digelarnya kontes ini adalah sebagai pembelajaran kepada peserta terutama untuk wilayah Magelang sekitarnya dan sebagai event latihan bersama mengetahui ikan koi yang layak untuk dikonteskan. Selain itu, diharapkan mampu meningkatkan kualitas ikan koi dan semakin banyak pula pecinta koi di Magelang.

“Kelas lomba ini terdiri dari kelas A. GoSanke dan kelas B. Melati. Kriteria penilaiannya yaitu dari pola warna ikan, postur atau body ikan dan skin ikan,” terangnya.

Terdapat 3 macam penilaian yaitu penentuan champion, best in size dan juara 1,2,3. Sedangkan tahapan penjurian yang dilakukan mulai dari penilaian size yang paling kecil yaitu up to 12 cm, kemudian ke size 13-15 cm, 16-20 cm, 21-25 cm, 26-30 cm, 31-35 cm, 36-40 cm sampai dengan ke size 41-45 cm.

Alvin bersama segenap panitia mengharapkan semakin banyaknya pecinta koi di Magelang, semakin banyak juga yang akan mengikuti kontes nantinya. “Untuk kedepannya, harapan kami semoga event selanjutnya dapat bekerjasama lagi dengan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang untuk mengadakan event yang lebih besar,” tambahnya.

Sementara itu, Haris peraih Grand Champion kelas B, Melati merasa puas dan bangga. “Event ini tidak hanya sebagai ajang kontes, namun juga meningkatkan tali persaudaraan dan saling bertukar ilmu antar sesama pecinta koi di Magelang sekitarnya,” harapnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI