Asyiknya Petualangan di Pantai Mutiara Biru Jatikontal

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Puluhan anak TK ABA Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo, didampingi orang tua dan guru mereka, menyemut di Pantai Mutiara Biru Desa Jatikontal, Rabu (11/04/2018). Mereka datang untuk mengenal budaya nelayan dan bermain di arena ketangkasan yang dibuat pemuda Jatikontal.

Kegiatan diawali dengan pengenalan profesi nelayan dengan dipandu warga Jatikontal. Anak-anak diajak mengenal berbagai peralatan tangkap ikan dan perahu, lengkap dengan mesinnya. "Anak-anak juga diajak menyalakan mesin perahu, mereka senang sekali," kata guru pendamping, Aris, kepada KRJOGJA.com.

Puas mengetahui aktivitas nelayan, anak-anak diajak bermain di sekitar pantai. Masyarakat menyeting kawasan pantai dengan membuat beberapa wahana permainan outbound, seperti merayap, meniti bambu dan menyeberang tali. Kegiatan diakhiri dengan gogoh atau menangkap ikan.

Menurutnya, Pantai Mutiara Biru karena lokasinya dekat. Wisata ke pantai itu juga dinilai berbiaya murah. Selain itu, Aris mengaku kaget dengan perubahan Pantai Jatikontal menjadi Pantai Mutiara Biru.

"Dulu pantainya gersang, hanya untuk aktivitas nelayan, itu juga tidak begitu ramai. Ternyata sekarang ada wahana permainannya, saya sangat apresiasi semangat masyarakat membangun wisata di Desa Jatikontal," terangnya.

Pengelola outbound Wahyudi mengatakan, wahana permainan dan kegiatan wisata minat khusus di Jatikontal merupakan upaya merebranding pantai. "Dulu tidak dikenal untuk wisata, sekarang kami berbenah mengangkat potensi pantai, imej lama kami ubah dengan nama Pantai Mutiara Biru. Kami ingin mengubah pantai jadi tempat yang asyik untuk petualangan," ucapnya.

Dikatakan, upaya tersebut dilakukan dengan melibatkan masyarakat desa. "Masyarakat juga mendukung, mereka senang bisa berpeluang memperoleh tambahan pendapatan jika wisata pantai ramai," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI