Atasi Banjir, Sejumlah di Purworejo DAS ‘Diperiksa’

PURWOREJO (KRjogja.com) – Pemerintah perlu melakukan kajian untuk mengatasi persoalan banjir di Kabupaten Purworejo. Penelitian dilakukan menyeluruh pada daerah aliran sungai (DAS) langganan banjir.

Kajian antara lain perlu dilakukan di DAS Sungai Wawar. DAS itu meliputi Sungai Gebang Besar yang mengalir di perbatasan Purworejo dan Kebumen. "Informasinya Sungai Geb ang Besar kerap menyebabkan banjir di Purworejo, tentu perlu penangana  komprehensif," ujar Guridno Wardoyo, Staf Sekretariat Satgas Penanganan Bencana (PB) Kementerian PUPR, menjawab pertanyaan KRjogja.com, Jumat (12/8/2016).

Menurutnya, kajian menyeluruh antara lain dilakukan dengan meneliti seluruh kawasan DAS. Tidak hanya soal sedimentasi di alur sungai, namun juga terkait kondisi daerah tangkapan air.

Kajian tersebut, katanya akan menjadi bahan rekomendasi dalam penanganan bencana di Purworejo. "Soal penanganan tidak hanya dengan parapet atau pengerukan sedimen, namun juga dengan perbaikan daerah tangkapan air," ucapnya.

Selain mewacanakan kajian DAS untuk mengatasi banjir, Satgas PB Kemen PUPR juga mengevaluasi penanganan bencana yang dilakukan jajaran PU. Penanganan yang dilakukan antara lain keterlibatan dalam masa tanggap darurat dan transisi menuju rehab-rekonstruksi.

"Evaluasi kami, peran PU dan PR dalam membantu penanganan bencana di Purworejo sudah bagus, sesuai dengan tugas, fungsi dan prosedur," ungkapnya.

Dalam kunjungannya di Purworejo, Guridno Wardoyo bertemu dengan Bupati Agus Bastian SE MM. Setelah itu, staf didampingi sejumlah pejabat terkait meninjau tanggul jebol Sungai Gebang Besar di Desa Wironatan Butuh dan Desa Krandegan Kecamatan Bayan. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI