Atasi Kekurangan Air, Purworejo Rintis Embung Desa

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Guna mengatasi kesulitan air, terutama di musim kemarau Kabupaten Purworejo melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) kini mulai menggalakkan pembangunan embung desa. 

Sebagai tahap awal, embung desa kini telah dibangun di Desa Sawangan Kecamatan Pituruh dan Desa Semawung Kecamatan Purworejo.

“Embung desa ini sangat dibutuhkan untuk menampung air, terutama jika musim kemarau maka berbagai kebutuhan akan air minimal bisa dicukupi dari embung ini,” kata Kepala Bapermades Purworejo H Genthong Sumharjono SSos MM, Minggu (27/05/2018).

Pembangunan embung desa ini menurut Genthong Sumharjono yang didampingi Kabid Kerjasama Desa dan Pembangunan Kawasan Pedesaan Dispermades Anas Naryadi SH MM, dapat dibiayani dengan dana desa yang kini banyak dikucurkan ke desa-desa dari pemerintah pusat. 

"Embung desa ini sangat penting untuk kebutuhan hidup warga masyarakat desa, terutama jika musim kemarau banyak desa di Purworejo yang kesulitan air,” jelasnya.

Diakui pula, bahwa pengunaan embung desa ini lebih diprioritaskan untuk persediaan pengairan, terutama pertanian. Namun dalam pengembangannya embung desa ini memiliki banyak fungsi, bisa untuk pemandian, perikanan, bahkan untuk wisata dan olahraga.(Nar)

BERITA REKOMENDASI