Australia-Purworejo Jajaki Kerjasama Pertanian

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Dua orang duta dari Australia Mr OBrien dari Grow Safe dan Mr Bruce Pearce seorang Ahli Pertanian Australia mengunjungi Kabupaten Purworejo. Keduanya berupaya menjajaki kerjasama untuk bidang pertanian. Kehadiran kedua tamu dari Australia ini diterima langsung Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM beserta jajarannya di rumah dinas bupati setempat.

“Kehadiran duta Australia ke Purworejo ini dalam rangka implementasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif kedua negara (IACEPA), antara Indonesia dan Australia,” kata Iwan Marantika selaku juru bicara yang juga Pengurus Kadin di sela-sela kunjungan ini, Rabu (26/2).

Kerjasama yang ditawarkan lebih kepada tukar ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang teknologi pertanian. Mereka ingin menjalin kerjasama karena melihat Purworejo mempunyai lahan dan sebagai lumbung pangan ekonomi Indonesia.

Dalam paparannya, Mr Bruce Pearce menjelaskan jika Grow Safe Australia mengembangkan sistem pertanian khususnya mikrobiologi tanah dan pengembalian mineral tanah. “Bentuk kerjasama yang kami tawarkan adalah berbagi pengetahuan dalam memperbaiki kesehatan tanah,” katanya.

Dengan tanah yang sehat katanya, akan berdampak pada kesehatan tanaman pula. Selain untuk pakan ternak, tanaman itu nantinya juga bisa sebagai nutrisi yang dikonsumsi manusia sehingga akan berdampak pada kesehatan manusia.

Sebagian besar penyakit berhubungan dengan kekurangan nutrisi. Mineral yang ada di dunia ini hilang dengan adanya penggunaan lahan pertanian.

Bupati Agus Bastian menambahkan, kerjasama ini nantinya akan dituangkan dalam bentuk Letter of Intens. “Mudah-mudahan kerjasama ini nantinya dapat mengembangkan potensi pertanian, melalui peningkatan teknologi pertanian di Purworejo,” jelasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI