Bacabup Independen Purworejo Berhasil Kumpulkan Dukungan 43.020 KTP

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Hanya dalam tempo tiga hari, waktu yang diberikan KPU, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati (Bacabup) jalur independen Kabupaten Purworejo berhasil mengumpulkan dukungan KTP sebanyak 43.020. Syarat dukungan itu terkumpul dari hampir merata di 494 desa dan kelurahan di Purworejo.

“Hanya lima desa yang tidak ada dukungan karena keterbatasan relawan kami,” kata Bacabup independen Slamet Riyanto SP Rabu (29/07/2020) malam di sela-sela menyerahkan dukungan KTP.

Didampingi calon pasangannya Suyanto HS, Slamet Riyanto mengungkapkan kesulitannya dalam mencari dukungan KTP yang dilakukan relawannya sebanyak 500 orang. “Kesulitannya karena pandemi covid-19, sehingga orang susah ditemui. Bahkan banyak yang tidak mau membukakan pintu saat didatangi relawan,” keluhnya.

Pasangan Bacabup ini sebelumnya telah mengumpulkan syarat dukungan KTP sebanyak 47.770 untuk maju di pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Purworejo tahun 2020. Namun setelah diteliti ternyata yang tidak memenuhi syarat (TMS) mencapai 5.535 sehingga dukungannya yang memenuhi syarat (MS) hanya 42.202.

Padahal syarat untuk maju lewat jalur ini harus mendapat dukungan KTP sah sebanyak 46.096. Akibatnya Bacabup ini ditolak KPU. Hingga kemudian mengajukan gugatan sengketa Pemilu ke Bawaslu, dan Bawaslu memutuskan agar Bacabup ini diberi kesempatan memperbaiki kekurangannya. “Dukungan yang kami serahkan sekarang ini diluar dukungan yang terkumpul sebelumnya, jadi KTP baru semua,” jelas Slamet Riyanto.

Sebenarnya tambah Slamet Riyanto, dukungan pembaharuan KTP sebanyak 35.786, namun untuk mengantisipasi TMS, akhirnya dikumpulkan KTP baru sebanyak 43.020. “Jumlahnya hampir sama dengan dukungan awal,” kata Slamet Riyanto yang juga mantan anggota DPRD Purworejo ini. (Nar)

BERITA REKOMENDASI