‘Bagaspati Among Jiwa’ Diluncurkan 34 Kasus Berhasil Ditangani

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJOGJA.com – RSJ Prof dr Soeroyo Magelang pada tahun ini, tepatnya 15 September 2019, memasuki tahun ke-96 dalam melayani masyarakat. Beberapa rangkaian kegiatan disiapkan untuk memperingati HUT tersebut. Salahsatunya kegiatan yang dilaksanakan Rabu (11/9/2019) berupa pelayanan evakuasi pasung di wilayah Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang.

Kegiatan ini dihadiri Direktur Utama RSJ Prof dr Soeroyo Magelang dr Eniarti MSc SpKJ MMR, Camat Tegalrejo, tim Puskesmas Tegalrejo, Polsek dan Koramil Tegalrejo, Kepala Desa Sidorejo maupun lainnya. Proses evakuasi berlangsung lancar. Dengan menggunakan dua kendaraan ambulans, dua warga memperoleh pelayanan evakuasi menuju ke RSJ Prof dr Soeroyo Magelang.

Dikatakan Eniarti, evakuasi pasung ini merupakan tindak lanjut dari layanan "Bagaspati Among Jiwa" yang merupakan inovasi layanan berbasis digital yang dimiliki RSJ Prof dr Soeroyo Magelang. "Bagaspati Among Jiwa" sendiri merupakan singkatan dari "Barisan Gasak Pasung Sejati Among Jiwa". Bagaspati Among Jiwo merupakan program penemuan, pembebasan dan pengobatan serta rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi dan peran "Orang Dengan Gangguan Jiwa" (ODGJ) dengan mengutamakan pendekatan Tri Upaya Bina Jiwa dan kerjasama lintas, lintas sektor serta kemitraan. Masyarakat yang melaporkan adanya kegawatdaruratan psikiatri melalui aplikasi Bagaspati Among Jiwa akan ditindaklanjuti Tim Bagaspati Among Jiwa.  

Dikatakan, sejak layanan ini diluncurkan pada tanggal 10 Juli 2019 lalu, sudah 34 kasus yang berhasil ditangani, terdiri  23 kasus pasung dan 11 kasus gawat darurat psikiatri. Daerah yang telah memanfaatkan layanan ini meliputi Kabupaten Magelang, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Semarang. Keseluruhan pasien gangguan jiwa tersebut dilayani dengan pembiayaan dari JKN dan Jamkesda. Dari 23 pasien tersebut, 7 orang masih dirawat, 7 orang disalurkan ke panti psikotik dan 20 orang sudah kembali ke keluarga. (Tha)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI