Bahayakan Pemudik, Dua Ruas Jalan Segera Dipasangi Rambu

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN (KRjogja.com) – Dua ruas jalan yang setiap tahunnya menjadi jalur alternatif mudik dan balik Lebaran, namun kini kondisinya rusak parah, dinilai oleh Dinas Perhubungan Kebumen membahayakan pemudik Lebaran. Apalagi, bila dilewati tanpa unsur kehati-hatian.

"Karena itulah, beberapa hari menjelang H – 7 Lebaran 2017 di mulut kedua ruas jalan itu akan kami pasangi rambu-rambu tanda bahaya agar pemudik berhati-hati bila melewatinya," ujar
Kepala Dinas Perhubungan Kebumen, Maskhemi MPd, di ruang kerjanya, Kamis (08/07/2017).

Kedua ruas jalan yang tak mendapatkan rekomendasi laik dilewati tersebut adalah ruas Kambalan – Ambalresmi dan Purwodeso – Kritig.

Ruas Kambalan – Ambalresmi berada di pertigaan Desa/Kecamatan Kutowinangun sampai pertigaan Jalan Daendels atau jalur jalan lintas selatan (JJLS) lama di Desa Ambalresmi Kecamatan Ambal Kebumen. Ruas jalan ini rusak parah akibat setiap hari dilewati truk-truk pengangkut tanah liat. Sedangkan ruas Purwodeso – Kritig berada di pertigaan Desa Purwodeso Kecamatan Sruweng sampai Desa Kritig Kecamatan Petanahan.

"Kemungkinan banyak calon pemudik yang belum tahu bila ruas-ruas ini kondisinya rusak parah. Demi memberikan peringatan kepada mereka agar berhati-hati saat melewatinya, di persimpangan menuju ruas jalan tersebut akan kami pasang rambu-rambu tanda bahaya berupa banner bertulisan 'Dimohon Berhati-hati, Berbahaya, Karena Ruas Jalan Rusak Parah," ujar Maskhemi.

Menurut Maskhemi, menjelang dimulainya arus mudik Lebaran 2017 Dinas Perhubungan Kebumen memang telah meneliti kelaikan ruas-ruas jalur utama dan alternatif mudik di wilayah Kebumen. Dari survey itulah disimpulkan bahwa ruas jalan yang sangat membahayakan pengguna jalan adalah pada ruas Kambalan  – Ambalresmi dan Purwodeso – Kritig.

"Selain pemasangan rambu-rambu tersebut, petugas yang berjaga di persimpangan ruas-ruas jalan tersebut juga akan kami persiapkan lebih matang dibanding tahun sebelumnya," ujar Maskhemi. (Dwi) 

 

BERITA REKOMENDASI