Bakal Digunakan ASN, Ini Dia Bentuk Baju Adat Kebumen

KEBUMEN, KRJOGJA.com – 'Launching' Baju Adat Kebumen dan pelaksanaan upacara menggunakan Bahasa Jawa, mewarnai Upacara Hari Jadi Kabupaten Kebumen ke 390, Rabu (21/08/2019), di Alun Alun Kebumen.

"Dengan ini saya resmikan penggunaan Baju Adat Kebumen. Untuk selanjutnya, para ASN (aparatur sipil negara) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen wajib menggunakannya sebulan sekali yaitu setiap tanggal 21," ujar Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz, saat menjadi Inspektur Upacara Hari Jadi Kabupaten Kebumen Ke 390, Rabu (21/08/2019).

Upacara Hari Jadi Kebumen yang mengacu Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3/2018 tentang Hari Jadi Kabupaten Kebumen tersebut, dikemas khusus. Selain berpengantar Bahasa Jawa, juga pemakaian Baju Adat Kebumen oleh sebagian besar peserta upacara. Yaitu, sekitar 2000 ASN di lingkup Pemkab Kebumen dan para perangkat desa se Kabupaten Kebumen. 

Begitu pula dengan ilustrasi musik pengiring sejumlah prosesi dalam upacara itu, digunakan musik gamelan yang dimainkan para pemain gamelan di panggung sisi timur lapangan upacara.

Tari Cepetan massal oleh 500 pelajar Kecamatan Karanggayam Kebumen dan pembagian penghargaan untuk para juara lomba juga mewarnai kegiatan tersebut. Adapun tema hari jadi juga tertulis dalam Bahasa Jawa, berbunyi: Kanthi Ambal Warsa Kabupaten Kebumen Kaping 390 Kita Gelak Pangrembakaning Kawasan Geopark Kagem Ngindakaken Pertumbuhan Ekonomi Lan Karaharjaning Masyarakat. 

"Selain berhasil mempertahankan predikat WTP (Wajar Tanpa Perkecualian) dari BPK, Sertifikat Adipura, Sertifikat Eliminasi Malaria, Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tingkat nasional, sejumlah penghargaan tingkat nasional dan Jawa Tengah lainnya, berhasil diraih Kebumen di tahun 2019 ini," kata Bupati Yazid dalam sambutannya.(Dwi) 

BERITA REKOMENDASI