Balita Diduga Ditelantarkan, Dijemput Nenek

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Balita perempuan berinisial Za (2), diduga ditelantarkan ibunya di Musala Ummu Fahad, Dusun Bowokan, Desa Cengkawakrejo, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Rabu (1/1/2020). Penemuan balita tanpa orang tua itu menggegerkan warga dan dikabarkan lewat berbagai media. Sehari ditelantarkan, balita tersebut dijemput neneknya. 

Nenek balita Za Ngatinem, didampingi sejumlah kerabat datang ke Cengkawakrejo untuk memastikan keberadaan cucunya. "Saya dikasih tahu anak yang tinggal di Magelang, jika ada balita mirip Za ditemukan di Purworejo. Memang sehari lalu cucu saya diajak pergi ibunya, Nur Hayati," kata Ngatinem, kepada wartawan, Kamis (2/1/2019). 

Ngatinem menambahkan, ia bersama cucunya berangkat dari rumahnya di RT 01 RW 03, Cikarokrok, Kelurahan Cikotok, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, berlibur ke rumah anaknya di Yogyakarta menjelang tahun baru. Nur Hayati kemudian menyusul sendirian ke Yogyakarta. Mereka sempat berlibur ke sejumlah objek wisata. 

Namun pada Rabu (1/1/2019), Nur pamit pulang dan akan membawa serta Za. Ngatinem sempat menolak mengingat ia sudah mengasuh Za sejak kecil. Akhirnya Za bisa diajak pergi oleh ibunya. "Karena ibu kandungnya saya kira tidak apa-apa, ternyata ada kabar Za ditinggalkan di musala," ucapnya. 

Kedatangan mereka disambut warga, unsur Dinsos Purworejo, dan Polsek Banyuurip. Polisi menanyakan berbagai hal untuk memastikan Za betul cucu Ngatinem. Setelah memastikan kebenarannya, Za dibawa pulang neneknya. 

Kapolsek Banyuurip Iptu Benny Murtopo mengatakan, polisi belum mengetahui motif Nurhayati meninggalkan anaknya di musala. Hingga saat ini, Nurhayati juga belum bisa dihubungi untuk dimintai keterangannya. Namun, polisi menduga peristiwa itu dilatarbelakangi masalah keluarga. 

Namun, kata Benny, mediasi menghasilkan saran untuk menyelesaikan persoalan itu secara kekeluargaan. "Usai mediasi dan memastikan anak itu benar cucunya, langsung dibawa neneknya pulang ke Yogyakarta," tandasnya. 

Balita perempuan ditemukan warga dalam kondisi tertidur pulas di dalam musala. Balita yang belakangan diketahui bernama Za, ditemukan Salbiyah dan Darmi, warga setempat, ketika hendak salat asar.(Jas)

BERITA REKOMENDASI