Balon Independen di Pilkada Purworejo Akhirnya Muncul

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pasangan bakal calon (Balon) kepala daerah jalur independen untuk Pilkada serentak tahun 2020 Kabupaten Purworejo akhirnya muncul. Adalah pasangan balon bupati Slamet Riyanto SIP dan balon wakilnya H Suyanto HS. Balon pasangan ini secara resmi telah mendaftarkan diri di KPU Purworejo di hari terakhi pendaftaran jalur independen.

“Setelah berbagai persyaratan dirasa cukup kami langsung mendaftarkan diri di KPU,” kata Slamet Riyanto, Rabu (26/2/2020).

Jalur independen dilipihnya karena tidak semua partai politik (Parpol) bersedia menerima balon dari luar kader. “Saya sudah berupaya mendaftar melalui jalur partai tapi didiamkan saja, ya sudah saya ambil jalur independen,” akunya.

Slamet Riyanto yang sebelumnya pernah menjabat sebagai kepala desa (Kades) Karangtalon Kecamatan Ngombol ini, juga pernah duduk di lembaga legislatif selama satu periode. Sedang balon wakilnya H Syanto juga seorang mantan Kades Ganggeng Kecamatan Purworejo. “Kami sudah sepakat untuk maju melalalui jalur independen,” tambahnya.

Diakui, untuk meju dalam Pilkada melalui jalur independen bukan hal yang mudah, paling tidak untuk syarat awal harus mengumpulkan dukungan KTP yang dibuktikan dengan salinan KTP dan pernyataan bermeterai.

“Kami mendapat dukungan riil KPT sebanyak 46.449 dari ambang batas sebanyak 46.096 KTP,” jelasnya.

Hanya saja dari imput data di KPU jumlah dukungan KTP ini sempat ada yang hilang, sehingga menjadi kurang. Namun Slamet Riyanto menyatakan bahwa hilangnya data itu bukan kesalahannya. “Kalau perlu secara fisik dihitung kembali tidak masalah,” tegasnya seraya menambahkan, dukungan KTP itu didapat secara merata di 16 (seluruh) kecamatan yang ada di Purworejo.(Nar)

BERITA TERKAIT