Bandara NYIA dan Badan Otorita Candi Borobudur Jadi Isu Aktual

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Rencana pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo DIY dan pembentukan Badan Otorita Candi Borobudur, menjadi dua isu yang sangat aktual sekaligus tantangan bagi Kabupaten Purworejo untuk menghadapinya.

Kedua mega proyek itu akan berimbas langsung bagi Purworejo karena memiliki kedekatan wilayah dengan kedua daerah itu secara langsung. Sehinga banyak yang harus dipersiapkan untuk menjawab dua isu aktual itu.
“Dua isu ini bisa menjadi peluang sekaligus tantangan bagi masyarakat Kabupaten Purworejo,” kata Wakil Bupati (Wabup) Purworejo Yuli Hastuti SH, Senin (9/10/2017).

Dalam menghadapi dua isu aktual itu menurut Yuli Hastuti, banyak hal yang harus dipersiapkan pemerintah maupun masyarakat Purworejo, diantaranya menyiapkan berbagai destinasi wisata baru yang menarik untuk dikunjungi.
“Saya berharap masyarakat Purworejo mampu menangkap peluang besar ini dengan mengeksplorasi berbagai potensi yang ada, terutama potensi pariwisata,” katanya di sela-sela meresmikan destinasi wisata Puncak Khayangan Sigendol di Desa Giyombong Kecamatan Bruno Purworejo.

Pada kesempatan Yuli Hastuti mengapreasi warga masyarakat dan Pemerintah Desa Giyombong serta instansi terkait terutama Perum Perhutani yang telah berinisiatif mengeksplorasi potensi wisata. Diharapkan pula bahwa destinasi wisata Desa Giyombong ini akan semakin dikenal secara luas dan menjadi salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Purworejo.

Dikatakan pula, bahwa selain dikenal sebagai daerah agraris, sebenarnya Purworejo juga memiliki banyak potensi wisata alam yang luar biasa besarnya. Mulai dari objek wisata pantai di sepanjang wilayah selatan maupun wisata alam pegunungan di sepanjang wilayah utara dan timur.

“Di Puncak Gunung Sigendol kita bisa melihat keindahan panorama yang luar biasa, seolah berada di kahyangan yang merupakan tempat para dewa,” katanya memuji.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI