Bangkitkan Pariwisata Purworejo Dinparbud Uji Paket di Lima Desa Wisata

Editor: Ary B Prass

PURWOREJO, KRJOGJA.com- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo berupaya membangkitkan geliat pariwisata di desa wisata. Dinparbud bekerja sama dengan Forum Komunikasi Desa Wisata Kabupaten Purworejo melaksanakan uji paket wisata di Desa Kaligono Kecamatan Kaligesing.

Uji paket wisata itu diikuti sejumlah komunitas antara lain pramuwisata, pengelola desa wisata, pelaku usaha bidang pariwisata, dan unsur Pemkab Purworejo. Peserta uji mengikuti satu paket tur setengah hari yakni mengunjungi usaha kecil pembuatan wingko babat Bu Indriati yang menjadi oleh-oleh khas Desa Kaligono. Setelah itu, mereka diajak mengunjungi Curug Siklotok di Dusun Jeketro dan Taman Wisata Sedandang di Dusun Kedungrante.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo Agung Wibowo mengatakan, kegiatan terebut merupakan rangkaian uji paket wisata yang diselenggarakan dinas.

“Rencananya ada lima desa wisata yang paketnya kita uji, untuk Kaligono merupakan desa yang ke empat,” ujarnya, Kamis (2/12/2021).

Menurutnya, uji paket tersebut menjadi cara pemkab mengingatkan kembali para pelaku wisata di desa tentang aktivitas pariwisata baru di masa pandemi. Pemkab melaksanakan kegiatan serupa di Desa Sukowuwuh Kecamatan Bener, Desa Somongari Kaligesing, Ketawangrejo Grabag. Setelah di Kaligono, uji paket akan dilaksanakan di Desa Kaliurip Kemiri.

“Pengelola desa wisata dapat mengingat dan merekonstruksi kembali paket yang sebelum pandemi dulu sudah berjalan dengan baik, namun selama hampir dua tahun ini vakum akibat pandemi. Bersama kita evaluasi lagi apa kekurangnya dan harus diperbaiki dalam paket wisata yang dibuat desa,” tuturnya.

BERITA REKOMENDASI