Bangkitkan Semangat Belajar, Purworejo Tingkatkan Kualitas Perpustakaan

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs Muhammad Syarif Bando MM menandaskan, bahwa perpustakaan merupakan pembangunan peradaban. Perpustakaan mampu membangkitkan semangat belajar bagi kaum muda, pelajar, dan masyarakat secara umum. Sayangnya minat baca masyarakat Indonesia masih harus dibangun dengan peradaban baru agar masyarakat menjadi gemar membaca.

“Minat baca masyarakat kita sudah semakin meningkat. Ini dapat kita saksikan antusiasme anak-anak untuk membaca jika mereka dekat dengan bahan bacaan. Tinggal bagaimana kita menjaga dan mengembangkan anusiasme ini menjadi sesuatu yang tidak terpisahkan dari gaya hidup mereka,” katanya pada safari gerakan nasional gemar membaca di pendapa rumah dinas bupati Purworejo, Kamis (1/3/2018).

Dikatakan, kegemaran membaca masyarakat Indonesia sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya masyarakat sudah terbentuk dengan berbudaya tutur, dimana bentuk pertukaran informasi didapat secara lisan. “Semua informasi, gagasan dan pengetahuan hanya disimpan dalam ingatan. Ini dapat dibuktikan saat orang berkumpul di suatu tempat maka yang terlihat mereka ngobrol, main game atau melamun daripada membaca,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Muhammad Syarif Bando juga menobatkan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH sebagai Bunda Baca Kabupaten Purworejo. Juga memberikan bantuan mobil perpustakaan kepada Dinas Arsip dan  Perpustakaan Daerah (Arpusda) Purworejo yang kemudian diterimakan kepada Kepala Dinas Arpusda Purworejo Tri Joko Pranoto SIP.(Nar)

BERITA REKOMENDASI