Banjir di Butuh Mulai Surut, Pengungsi Pulang

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Genangan banjir di sejumlah desa Kecamatan Butuh mulai surut, Sabtu (19/1). Meski masih menggenangi sebagian permukiman, namun pengungsi di pos lapangan Desa Wironatan, pulang ke rumah masing-masing.

Camat Butuh Wasit Diono mengatakan, air masih menggenangi permukiman di lima desa. "Termasuk di Wironatan juga masih ada air di kawasan permukiman, tetapi sudah surut, tidak seperti dua hari lalu," ujarnya kepada KRJOGJA.com, Sabtu (19/1).

Surutnya genangan membuat warga berani kembali ke rumah masing-masing. Mereka tetap bisa beraktivitas kendati diantara genangan banjir. 

Secara keseluruhan, lanjutnya, genangan masih ditemukan di 32 desa wilayah Butuh. "Kalau bicara genangan secara umum, masih ada di 32 desa. Khususnya persawahan, saat  ini masih tenggelam," ucapnya.

Kasi Kedaruratan BPBD Purworejo R Iman Ciptadi mewakili Kepala Pelaksana BPBD Sutrisno mengemukakan, sebagian warga terdampak masih mendapat bantuan logistik dari BPBD dan instansi terkait lainnya. Untuk operasi dapur umum, lanjutnya, akan difokuskan untuk mencukupi kebutuhan korban di Kecamatan Grabag. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI