Banjir Menerjang, Puluhan Keluarga di Bagelen Jadi Pengungsi

Puluhan warga lain yang rumahnya terendam banjir juga mengungsi ke masjid. Petugas BPBD, TNI, Polri, dibantu puluhan pemuda setempat mengevakuasi warga dengan perahu.

Kepala Desa Bapangsari Taryono mengatakan, banjir berdampak pada terganggunya aktivitas warga. Namun, banjir tidak berdampak dalam waktu lama karena air biasanya surut dalam waktu 12 jam setelah air naik.

Menurutnya, banjir merupakan bencana langganan warga sejumlah dusun di Bapangsari. Air sungai selalu meluap menggenangi permukiman hingga kedalaman dua meter apabila hujan lebat dan lama mengguyur hulu Bogowonto.

Namun bencana sejak setahun terakhir, katanya, dirasa lebih parah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pembangunan dinding parapet yang tidak merata di sepanjang aliran sungai, lanjutnya, ditengarai menyebabkan semakin parahnya genangan di Bapangsari.

“Parapet baru di bangun di sisi barat sungai yakni Kecamatan Purwodadi dan sisi timur tapi baru di Desa Dadirejo Bagelen, sedangkan di desa kami belum. Jadi saat banjir besar pasti air limpas ke Bapangsari,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI