Bank Purworejo Luncurkan Kredit Air Bersih dan Sanitasi

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Perumda BPR Bank Purworejo bekerjasama dengan Water.org Indonesia meluncurkan program kredit air bersih dan sanitasi. Masyarakat yang membutuhkan pembiayaan untuk membangun sarana air bersih dan sanitasi dalam berbagai skala, dapat mengakses program itu.

Program tersebut merupakan kerja sama Bank Purworejo dengan Water.org Indonesia, lembaga nirlaba internasional yang fokus pada penyediaan akses air bersih untuk masyarakat. “Salah satu tugas utama kami adalah menyalurkan kredit untuk masyarakat dan terkait program baru itu, Bank Purworejo sebagai salah satu bank milik pemerintah daerah yang ditunjuk untuk memberikan skema pembiayaan guna peningkatan akses air bersih dan sanitasi bekerja sama dengan Perbamida dan Water.org Indonesia,” ungkap Direktur Perumda BPR Bank Purworejo Wahyu Argono Irawanto SE MM, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com, Rabu (20/10/2021).

Menurutnya, program itu diluncurkan demi mendukung program pemerintah dalam menjamin akses air bersih dan sanitasi. Air bersih dan sanitasi, katanya, merupakan kebuptuhan dasar bagi manusia.

Tingkat kebutuhan air bersih dan sanitasi, lanjutnya, terus mengalami peningkatan sepanjang waktu. Bertambahnya populasi masyarakat dan berkembangnya permukiman baru dinilai sebagai faktor pemicu utama peningkatan konsumsi air bersih dan sanitasi.

Bentuk kegiatan masyarakat yang dapat dibiayai dengan kredit air bersih dan sanitasi itu antara lain pembuatan WC/toilet lengkap dari tangki septik sampai bangunan atas, pemasangan pompa air, pembuatan sumur gali/sumur bor, pemasangan sambungan rumah (PDAM/KPSPAMS), penampung air/toren, dan sarana cuci tangan.

“Adanya peran serta Perumda BPR Bank Purworejo dalam pembiayaan itu diharapkan memberikan dukungan signifikan untuk peningkatan akses air bersih dan sanitasi di Purworejo,” tuturnya.

Perwakilan Water.org Indonesia Fajar Adi Nugroho menambahkan, lembaganya memberi apresiasi yang tinggi kepada Perumda Bank Purworejo atas peran sertanya dalam peningkatan akses air bersih dan sanitasi masyarakat. Perbankan menjadi faktor penting terpenuhinya kebutuhan itu karena perannya menyediakan pembiayaan bagi masyarakat yang memerlukan akses, namun terkendala biaya.

“Saat ini masih banyak warga yang belum mendapatkan akses air bersih dan sanitasi. Water.org Indonesia berupaya membantu, antara lain bersinergi dengan Perumda BPR Bank Purworejo dalam bidang penyaluran kredit,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI