Bank Sampah dan TPS3R Kebumen Dilombakan

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN KRJOGJA.com – Misi sosial yang diemban 60 bank sampah dan TPS3R (tempat pengelolaan sampah reduce reuse dan recycle) di Kebumen sudah saatnya mendapatkan penghargaan tinggi dari pemerintah maupun masyarakat Kebumen.

 

" Kami tergerak untuk menggelar lomba ini karena ingin menghargai tingginya semangat para pengelola bank-bank sampah dan TPS3R Kebumen dalam menjalankan misi sosial mereka," ujar Kasi Peningkatan Kapasitas Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkimlh) Kebumen, Alfia Dianita Zulfa MT, di ruang kerjanya, Senin (02/12/2019).

Alfia yang juga Koordinator Lomba Bank Sampah dan TPS3R 2019 Kebumen menegaskan bahwa tugas bank sampah dan TPS3R yang tak kenal lelah dalam menghimpun dan mengelola aneka sampah bukanlah suatu aktifitas yang sepele, karena membutuhkan jiwa pengabdian yang tinggi.

" Hal itu sudah kami buktikan sendiri saat melihat langsung lokasi  bank-bank sampah dan TPS3R peserta lomba," ujar Alfia.

Adapun kriteria penilaian terhadap peserta lomba adalah jumlah sampah yang  dikelola, jenis pemilahan sampah, cakupan wilayah pelayanan bank sampah,  jenis inovasi pengurus dan peran serta pemerintah desa setempat.

" Dengan 5 poin penilaian itu akhirnya berhasil keluar sebagai juara 1  adalah Bank Sampah Mitra dari Desa Kedungpuji Kecamatan Gombong yang memiliki cakupan wilayah pelayanan di Kedungpuji dan 3 desa sekitarnya," papar Alfia.

Selain itu, Pemerintah Desa Kedungpuji juga sudah mengalokasikan anggaran untuk operasional Bank Sampah Mitra. Adapun bentuk inovasinya adalah berhasil merangkul anak-anak muda setempat untuk mengelola sampah agar bisa bernilai ekonomi, dengan memberikan fasilitas wifi gratis.

Sebagai juara 2 adalah Bank Sampah Samiun Kelurahan/Kecamatan Kebumen, juara 3 TPS3R Berkah Kelurahan Panjer Kebumen, juara harapan 1 Bank Sampah Wani Kelurahan Wonokriyo  Gombong, juara harapan 2 TPS3R Tamanwinangun Kebumen dan Bank Sampah Rumah Botol  Trash Kewayuhan Pejagoan sebagai juara favorit.(Dwi)

 

 

BERITA REKOMENDASI